Sabtu, 07 November 2009

Cina, Pengimpor Terbesar Gading Gajah

Selama lebih dari 7.000 tahun, Cina telah pengrajin kerajinan gading gajah.. Disukai oleh rumah tangga Istana sejauh dinasti Qing (1680), gading mempunyai reputasi terkenal dan asosiasi dengan orang kaya dan elit.. Tetapi pada tahun 1989, perdagangan gading telah dilarang di seluruh dunia melalui Konvensi mengenai Perdagangan Internasional Endangered Species (CITES), setelah lebih dari separuh Afrika 1,3 juta ekor gajah rebus dalam satu dekade. Namun, dengan ukiran yang didirikan pada zaman perdagangan dan kelas menengah yang berkembang, untuk pertama kalinya, mampu membeli gading, Cina tetap menjadi pengimpor terbesar.
Seperti ternak berkurang gajah Asia, gajah Afrika telah menjadi satu-satunya sumber dari gading. Pada akhir 2008, mengutip pihak berwenang Cina diperbolehkan untuk tawaran dengan Jepang untuk gading dari persediaan resmi - yang terdiri dari gading yang dikumpulkan dari gajah yang telah meninggal secara wajar - di empat negara-negara Afrika bagian selatan. Dalam sebuah deklarasi terbuka permintaan yang terus-menerus, 12 pedagang Cina membeli 62 ton pada harga rata-rata $ 144 per kilo. Karena pembelian hukum ini, lebih dari 11 ton gading Afrika ilegal telah disita dalam perjalanan ke Cina.
Perburuan gajah sebagian besar terjadi di Afrika tengah, di mana kemiskinan dan ketidakstabilan politik yang luas.. Kronis pengangguran, ketersediaan senjata api dan korupsi semua memfasilitasi perdagangan gading ilegal.. Daerah ini juga rumah bagi pasar gading yang tidak diatur dalam negeri, di mana barang-barang ukiran dibeli dan dijual.. Menurut ahli gading Esmond Martin, mayoritas pembeli adalah Cina. Dalam pertarungan untuk Afrika dan sumber daya mineral, benua baru-baru ini telah melihat masuknya pekerja Cina - sebuah kehadiran yang jelas tercermin dalam ritel ilegal dari gading. Pada perjalanan baru-baru ini ke Addis Ababa, Ethiopia, Martin tercatat 1.433 item dari gading ditampilkan secara terbuka di jalan-jalan utama kota dan pasar sentral. Di antara mereka ada 149 pasang sumpit gading berukir segar, jual sebesar $ 16 masing-masing - dalam kontras yang tajam dengan harga eceran Cina sebesar $ 139 - stempel dan tanda tangan dan perhiasan. Semua item ini cukup kecil untuk berpotensi menyelundupkan lewat bea cukai.
Martin sebelumnya telah memperkirakan bahwa 4.900 hingga 12.000 gajah dari Afrika tengah dibunuh setiap tahun untuk memasok gading ke pengrajin Afrika, Cina dan Thailand.. Konservasionis yang sangat prihatin. Menurut Barbara Maas, CEO Care for the Wild International: "Dengan jumlah penduduk negara Cina di Afrika meningkat, dan perburuan liar di meningkat, garis depan antara penawaran dan permintaan terhadap gading sekarang nyaris, dengan hasil malapetaka bagi gajah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar